Selasa, 03 April 2012

Masalah Sosial dan Keadaan Politik di Indonesia 2012


1. Menganalisa masalah
          Kenaikan harga BBM selalu membuat gejolak panas masyarakat Indonesia, pasalnya kenaikan harga BBM membawa banyak dampak negatif seperti kenaikan harga-harga kebutuhan pokok. Sehingga, banyak kalangan masyarakat yang berunjuk rasa menolak kenaikan harga BBM yang bertujuan untuk mengurangi beban Anggaran Pendapatan Belanja Negara (APBN).
          Seolah tak ada hentinya, gelombang protes terus dilakukan demi membatalkan opsi tersebut. Di Jakarta Himpunan Mahasiswa Islam Indonesia berunjuk rasa dengan memblokir jalan dan membakar ban bekas, selain itu mereka juga menutup Stasiun Pengisian Bahan bakar atau SPBU. Mereka sangat mengecam keras akan kebijakan pemerintah tersebut. Meskipun pemerintah menjajikan akan ada program Bantuan Langsung Tunai (BLT) tetapi masyarakat tetap menolaknya karena mereka berfikir bahwa BLT tersebut hanya sebagai solusi instan pasca kenaikan harga BBM. Sehingga masyarakat akan tetap mendapat kerugiannya.

2. solusi dari masalah sosial diatas
          Pemerintah tidak perlu menaikkan harga BBM, mengingat masyarakat di Indonesia sebagian besar adalah kalangan menengah kebawah. Ini akan menciptakan inflasi yang kemudian  berdampak buruk bagi mereka. Meskipun BLT diadakan itu hanya sekedar solusi cepat dan singkat pasca kenaikan BBM, dan itu tidak akan dapat membantu masyarakat memenuhi kebetuhan hidupnya. Lalu percuma saja ada perjuangan meminta kenaikan upah buruh, jika BBM jadi naik kapan buruh merasakan kesejahteraannya apabila kebutuhan dan transport sehari-harinya menjadi mahal.
1.     lebih baik pemerintah mencari OPSI lain, jika beban terberat dalam APBN adalah  impor BBM, sebaiknya  jangan  berpatokan untuk meningkatkan harga BBM saja, sebaiknya melakukan investasi agar meningkatkan kapasitas produksi atau membatasi penggunaan BBM sehingga biaya impor dapat terkurangi.
2.     bersihkan aparat hukum dari KKN
3.     jika harus terjadi kenaikan harga BBM maka pemerintah sebaiknya dapat    menjelaskan maksud dari kenaikan tersebut secara terperinci dan transparan. Agar masyarakat dapat memahaminya.

3.  Kondisi politik Indonesia saat ini
          Kondisi politik yang ada di Indonesia saat ini sangat buruk. Keterpurukan ini disebabkan perpolitikan Indonesia yang tidak sehat. Banyak politisi di Negara ini yang terlibat kasus korupsi. Mereka lebih mementingkan kepentingan pribadi dan lupa akan tugasnya sebagai pejuang rakyat.  Bahkan saat ini banyak pejabat dan tokoh yang hanya bisa bercuap-cuap berdiskusi di televisi mencaci maki kinerja pemerintah tanpa mengetahui jalan keluarnya. Bukankah lebih baik bertindak dibandingkan hanya berdiskusi di televisi dan sebuah diskusi tidak akan berguna tanpa adanya perbuatan nyata.
          Selanjutnya yang membuat politik Indonesia kacau adalah parpol-parpol yang memilih selebritis tanah air untuk menjadi anggota partainya. Dengan maksud rakyat lebih banyak memilihnya karena kepopuleran. Sebernanya, yang dibutuhkan bukanlah kepopuleran akan tetapi kinerja yang optimal yang dapat membangun politik Indonesia menjadi sangat baik. Dan seharusnya parpol memilih anggota yang mahir pada bidangnya bukan asal-asalan. Karena, ini bukanlah sebuah permainan nasib rakyat dipercayakan di tangan mereka.

6 komentar:

  1. apabila BBM tidak dinaikkan dan masarakat tidak mau usaha untuk menjadi SDM yang lebih baik . . maka Indonesia tidak akan maju

    BalasHapus
    Balasan
    1. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

      Hapus
    2. jangan terlalu yakin hal tersebut membawa indonesia lebih maju. kalau anda yakin terhadap analisis anda, saya sarankan untuk mengkaji ulang.

      Hapus
  2. jika BBM naik otomatis semua kebutuhan primer dan sekunder akan naik, SDM baik nggaknya di nilai dari perbuatanya juga pekerjaannya...masnya liat aja sekarang banyak orang2 yg tidak punya hati nurani seperti dispensasi pada mahasiswa yg belum bisa membayar spp terus tak boleh ikut ujian.... masa gitu yg namanya manusia yg katanya mahluk sosial seharusnya peraturan2 yg menindas hak-hak rakyat indonesia yg harus di hapuskan banyak ognum2 yg bermain hanya karna ingin mempunyai banyak uang untuk menjalani hidup tpi tak mau tau dengan keadaan orang lain .... saya tekan kan jgn memandang hanya sebelah mata saja ... ada lgi ni sekarang biaya kulia pun tinggi2 tpi tak bermutu buat mahasiswanya biaya2 kulia yg memeras hak manusia seperti orang miskin ia mau kulia tpi kliatannya mereka dilarang kulia krna kehidupanya yg sederhana... takut pihak kampus ia tak bisa membayar.... apa itu manusia tak mempunyai nurani pada mereka yg ingin sekolah.... padahal uang2 spp dari mahasiswa lain kan juga bisa menutup anggaran bagi anak2 yg ingin kulia tpi uangnya kurang.... juga uang spp dari setiap mahsiswa juga bisa untuk dana pembangunan kenapa uang spp dan dana pembangunan di bedakan trus uang dari dana pembangunan itu lari kemanah ??? dan pada nyatanya apa tak ada yg banguna.... sikon dan tempat ya sama saja g ada yg berubah ...... dunia ini hanya kepalsuan dan dunia ini hanya permainan blaka ......!!!!!!!!!! yg katanya manusia itu mahluk sosial tpi nyatnya banyak rakyat2 miskin, dan anak2 terlantar masi merajalela seharusnya kan mereka hidup sejhatera.... bukan pemimpinnya yg sejhatera.... hasssss....... !!!!!!!!!!!1

    BalasHapus
  3. ya... intinya kalau Indonesia mau hilang dari keterpurukan ya kita ubahlah dari diri kita sendiri... seperti quotes yang saya sukai :
    Everyone thinks of changing the world but no one thinks of changing himself" -leo tolstoy- Right???

    BalasHapus
  4. Dengan kenaikan bbm rakyat udah berpikir keras untuk bertahan demi kelangsungan hidup yang serba mahal ini...harusnya pemerintah yang harus berpikir lebih keras supaya bbm ini tidak naik dan tidak menyengsarakan rakyat carilah solusi yang pro rakyat

    BalasHapus